Minggu, 01 Januari 2012

makanan bergizi


5 Jenis buah-buahan yang mampu membangun Imunitas tubuh

1. Alpokat (Avocado)

Buah alpokat
atau bahasa linggisnya Avocado banyak ditemui dipasar Indonesia. Kaya akan vitamin A, fosfor, kalsium dan Zat besi Alpokat dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga mengurangi gejala serangan jantung. Manfaat lain dari Alpokat adalah mampu menangkal radikal bebas yang menurunkan imunitas tubuh.
2. Apel

Buah ini kaya akan serat serta dapat digunakan sebagai makanan antioksidan yang mampu melawan kolesterol jahat LDL yang menyumbat pembuluh darah. Selain itu, Apel juga digunakan sebagai detoksifikasi terhadap racun serta melancarkan peredaran zat gizi kedalam tubuh.
3. Jambu biji

Jambu biji atau jambu klutuk merupakan buah-buahan khas Indonesia. Tiap tahun buah Jambu biji selalu berkembang. Jambu biji memiliki kandungan vitamin C tertinggi dibanding dengan buah lainnya. Kandungan gizi yang setara jambu biji terdapat dalam buah Kiwi. Karena vitamin C dosis tinggi dari Jambu biji, maka buah ini dipercaya memiliki keampuhan antioksidan yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.


4. Melon

Melon kaya akan vitamin A,B2, B1, dan C serta mengandung betakarotena. Selain itu, kandungan mineral kalium dan magnesium dan air dalam kadar tinggi baik untuk membersihkan sistem sirkulasi darah dari berbagai jenis racun. Melon yang kaya Vitamin A dan C juga dapat digunakan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
5. Pepaya

Pepaya atau Kates banyak mengandung vitamin A, karetenoid dan antioksidan. Pepaya juga mengandung Papain, sejenis enzim yang dapat membantu memperlancar pencernaan dalam tubuh sehingga tubuh semakin fit dan memiliki imunitas yang baik.
Nah, gimana? Ternyata buah-buahan yang ada disekitar kita banyak sekali ya manfaatnya. Sebenarnya masih banyak jenis buah-buahan yang mengandung nilai gizi tinggi. Namun daftar diatas adalah jenis buah-buahan yang banyak dijual di Indonesia dan dengan harga murah tentunya. Semoga bermanfaat. Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar